Desa
Krandegan

Login Admin
Statistik Pengunjung
Info Aplikasi
Selamat Datang di Sistem Informasi Desa Krandegan : Desa SDGs Berbasis Digital

Info

Berita Daerah

Listrik di Rumahmu Bermasalah? Begini Cara Pengaduannya

Seringkali terjadi gangguan kelistrikan di rumah atau lingkungan Kita. Listrik padam, meteran tidak bisa diisi token listrik, kabel PLN putus, dan gangguan lainnya. Dulu, warga kemudian melakukan laporan melalui nomor telpon kantor PLN terdekat.

Sudah beberapa saat, PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengatakan PLN memahami betul bahwa listrik merupakan elemen yang amat sangat penting untuk menunjang aktivitas masyarakat. “Untuk itu kami menyediakan layanan pengaduan bagi pelanggan terkait masalah kelistrikan. Semoga inovasi yang kami hadirkan, semakin memudahkan pelanggan,” ujarnya.

Agung menambahkan, untuk mempermudah pelanggan dalam melaporkan pengaduan, PLN terus menyempurnakan fitur dalam aplikasi PLN Mobile. Saat ini fitur pengaduan layanan pada Aplikasi PLN Mobile versi terbaru telah dirancang secara terintegrasi dengan baik. “Jadi, pelanggan dapat membuat laporan terkait gangguan kelistrikan dan laporan tersebut langsung diterima oleh petugas pelayanan teknik. Selain itu, pelanggan juga dapat memantau progres pengaduan secara real time,” imbuh Agung.

Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi.

Untuk melaporkan masalah dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Untuk melakukan pengaduan, pelanggan perlu memiliki aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di app store seperti Play Store dan App Store.
  2. Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
  3. Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.
  4. Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.
  5. Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol “LANJUTKAN”.
  6. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”.
  7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time. Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Di samping melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan juga dapat mengajukan pengaduan ke PLN melalui Contact Center PLN melalui sambungan telepon di nomor 123.

Pelanggan juga bisa menghubungi akun resmi Contact Center PLN untuk melakukan pengaduan layanan. Pelanggan dapat memilih salah satu akun media sosial Contact Center PLN. Ada Twitter di @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, maupun E-mail di pln123@pln.co.id.

 

 

Komentar

Muklasin

06 Agustus 2024 06:46:16

Pak, saya mau laporan, bahwa listrik, di rumah saya, kurang daya, selalu mati mendadak, 4 rumah sama selalu, mati,, terus, alamat droko wonotulus, Rt 01,Rw 02 kec, purworejo, trimakasih

Beri Komentar

Komentar Facebook

layananmandiri

Hubungi Aparatur Desa Untuk mendapatkan PIN

Statistik Penduduk

Lokasi Kantor Desa

Alamat:Desa Krandegan RT 01 RW 02, Bayan, Purworejo
Desa : Krandegan
Kecamatan : Bayan
Kabupaten : Purworejo
Kodepos : 54224

Peta Wilayah Desa

Transparansi Anggaran

APBDes 2025 Pelaksanaan

PENDAPATAN

Anggaran:Rp 1.890.455.900,00
Realisasi:Rp 739.624.060,00

39.12%

BELANJA

Anggaran:Rp 1.969.090.465,00
Realisasi:Rp 524.436.360,00

26.63%

PEMBIAYAAN

Anggaran:Rp 38.094.350,00
Realisasi:Rp 58.380.000,00

153.25%

APBDes 2025 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

Anggaran:Rp 100.800.000,00
Realisasi:Rp 108.000.000,00

107.14%

Hasil Aset Desa

Anggaran:Rp 226.500.000,00
Realisasi:Rp 100.000.000,00

44.15%

Dana Desa

Anggaran:Rp 1.055.481.000,00
Realisasi:Rp 325.805.700,00

30.87%

Bagi Hasil Pajak dan Retribusi

Anggaran:Rp 34.967.500,00
Realisasi:Rp 0,00

0%

Alokasi Dana Desa

Anggaran:Rp 411.407.400,00
Realisasi:Rp 185.818.360,00

45.17%

Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota

Anggaran:Rp 60.000.000,00
Realisasi:Rp 20.000.000,00

33.33%

Penerimaan dari Hasil Kerjasama Antar Desa

Anggaran:Rp 700.000,00
Realisasi:Rp 0,00

0%

Bunga Bank

Anggaran:Rp 600.000,00
Realisasi:Rp 0,00

0%

APBDes 2025 Pembelanjaan

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA

Anggaran:Rp 897.743.565,00
Realisasi:Rp 205.454.360,00

22.89%

BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA

Anggaran:Rp 191.363.700,00
Realisasi:Rp 23.712.000,00

12.39%

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DESA

Anggaran:Rp 589.871.200,00
Realisasi:Rp 210.050.000,00

35.61%

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

Anggaran:Rp 239.712.000,00
Realisasi:Rp 73.520.000,00

30.67%

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA

Anggaran:Rp 50.400.000,00
Realisasi:Rp 11.700.000,00

23.21%